Visi, Misi & Tujuan

Visi

“Menjadi program studi yang unggul dalam metodologi pembelajaran Bahasa Arab yang berbasis turats dan modern tahun 2022”

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan secara profesional dalam mempersiapkan lulusan yang kompeten dibidang pendidikan dan pembelajaran Arab di lingkungan madrasah/sekolah, pondok pesantren dan masyarakat luar sekolah.
  2. Menyelenggarakan program penelitian untuk mengembangkan keilmuan program studi.
  3. Menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat yang mendukung pengembangan keilmuan program studi.
  4. Menyelenggarakan jaringan kerjasama/kemitraan dengan perguruan tinggi di dalam dan luar negeri, masyarakat pengguna lulusan dan stakeholders lainnya.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana sebagai tenaga pendidik Bahasa Arab yang memahami karateristik peserta didik, menguasai teori belajar, mampu mendesain dan melaksanakan pembelajaran secara kreatif dan inovatif, memiliki kemampuan mengembangkan potensi peserta didik serta dapat melakukan tindakan reflektif untuk meningkatkan kualitas Bahasa Arab di sekolah/madrasah dan pesantren.
  2. Menghasilkan sarjana yang menguasai keilmuan Bahasa Arab yang berbasis pesantren, madrasah/sekolah dan memiliki kedalaman serta keluasan pengetahuan yang berkenaan dengan pengembangan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
  3. Menghasilkan sarjana yang menguasai metodologi penelitian dalam bidang pendidikan dan pembelajaran Bahasa Arab berbasis integrasi turats dan modern sebagai upaya memperluas wawasan keilmuan Bahasa Arab dan keislaman.
  4. Menghasilkan produk penelitian yang bermanfaat untuk pengembangan pembelajaran Bahasa Arab yang dapat diimplementasikan pada sekolah/madrasah, pondok pesantren dan lembaga pendidikan lainnya.
  5. Menghasilkan sarjana yang memiliki etos kerja dan sumbangsih terhadap masyarakat dalam bidang pendidikan Bahasa Arab.
  6. Memperluas kerjasama dalam bidang Bahasa Arab dengan berbagai lembaga dalam negeri dan luar negeri.